Press

recent posts

Mabit & Sabit Ke-2 Tahun Pembelajaran 2016/2017

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

         Alhamdulillah, Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita selama ini. Tak lupa pula shalawat beriringkan salam kita hanturkan kepada suri tauladan kita, yaitu nabi Muhammad SAW.

            Alhamdulillah, pada tanggal 18-19 Februari kemarin Rohis Ukhuwah 06 telah melaksanakan kegiatan Mabit & Sabit ke-2 dengan berjalan cukup baik. Peserta yang mengikutinyapun cukup lumayan banyak, dan dapat mengikuti acaranya dengan penuh semangat.

            Langsung saja, pertama kita akan membahas kegiatan Mabit ke-2 terlebih dahulu. Kegiatan mabit kali ini dilaksanakan di Mushollah Roudhotut Thalibin SMA Negeri 6 Palembang. Kegiatan Mabit ke-2 diawali dengan registrasi yang berada di limas. Jadi, peserta Mabit akan melakukan registrasi dengan cara menyetorkan hafalan surah Al-Quran yang telah ditentukan. Bagi peserta yang telah menyetorkan hafalannya, barulah peserta tersebut diperbolehkan masuk ke Mushollah.

(Registrasi yang dilakukan di limas)

Setelah memasuki Mushollah, para peserta memulai kegiatan dengan membaca Al-Quran bersama sembari menunggu waktu adzan Maghrib berkumandang. Setelah adzan maghrib berkumandang, saatnya bagi peserta melakukan sholat maghrib berjama’ah. Setelah melaksakan shalat maghrib berjama’ah, dilanjutkan dengan tausiyah dari akhi Muhammad Raihan dan akhi Rijalus Sholihin.

(Tausiyah oleh Akhi Raihan dan Akhi Rijal)


            Kemudian, sesudah mendapatkan materi yang sangat bermanfaat dari akhi Raihan dan akhi Rijal, saatnya kini peserta Mabit menyantap makanannya. Pada waktu makan bersama, sayangnya ada beberapa peserta yang tidak membawa makanan, sehingga pada kurun waktu yang telah ditentukan panitia, makanannya harus digeser ke kanan atau kekiri agar peserta yang tak membawa makanan bisa mendapatkan makanan juga.

(Peserta Mabit saat makan bersama)

(Peserta Mabit menyantap makanan dengan lahap)

            Setelah makan, peserta Mabit melaksanakan shalat isya’ berjama’ah. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala SMA Negeri 6 Palembang sekaligus membuka kegiatan Mabit dan Sabit ke-2 secara resmi yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

(Kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Mabit dan Sabit)


            Usai kata sambutan, dilanjutkan dengan ceramah yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Ustadz Legawan Isa. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga para peserta Mabit antusias dan semangat dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Pada saat sesi tanya jawab berlangsungpun para peserta sangat aktif bertanya.

(Ceramah oleh Ustadz Legawan Isa)

            Tak terasa, waktu berjalan sangat cepat, telah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Ustadz Legawan Isa selesai menyampaikan materinya. Kini, saatnya peserta Mabit untuk tidur karena pada pukul 02.00 WIB, para peserta akan bangun untuk kegiatan malam.

            Ketika pukul 02.00 WIB tiba, para peserta dibangunkan oleh panitia untuk melaksanakan kegiatan malam. Dimulai dari shalat tahajjud. Setelah para peserta menyelesaikan shalat tahajud, kemudian dilakukan pengarahan oleh panitia untuk melaksanakan survival games. Kemudian, para pesertapun segera melakukan sesuai instruksi yang telah diberitahu panitia dan segera untuk melakukan survival games. Para peserta sangat bersemangat saat melakukan survival games, mereka mulai memasuki pos – pos yang telah di tentukan. Banyak pos yang terdapat pada survival games ini, antara lain pos ukhuwah, kepemimpinan, tahfidz, dll.

            Setelah selesai melakukan survival games, dilanjutkan dengan tausiyah oleh akhi Ahmad Aziizan. Para peserta yang tadinya lelah, ataupun ada yang mengantuk, mulai bersemangat kembali dikarenakan materi yang dibawakan oleh akhi Aziizan. Selesai akhi Aziizan menyampaikan tausiyah, tak terasa sudah menunjukkan pukul 06.00 WIB, sehingga dilanjutkan dengan bermain games, yaitu games “Boyok Race”. Para peserta sangat bersemangat saat mengikuti games ini.

Kemudian, setelah capek bermain “Boyok Race” dan telah mendapatkan pemenangnya, dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah kenyang sarapan, saatnya mengakhiri kegiatan Mabit ke-2 kali ini. Kegiatan Mabit ke-2 pun ditutup oleh panitia dan pada akhir kegiatan juga diumumkan peserta Mabit terbaik.

Nah itulah serangkaian kegiatan Mabit ke-2 kali ini. Berikutnya, kita akan membahas serunya kegiatan Sabit ke-2. 19 Februari, pukul 07.00 kegiatan Sabit ke-2 diawali dengan registrasi yang dilakukan di depan aula. Jadi, sebelum memasuki aula, peserta mengisi daftar kehadiran kegiatan Sabit ke-2.

Lalu, setelah peserta memasuki aula kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Al-Matsurat. Kemudian makan pagi bersama yang membuat suasana Sabit ke-2 terasa semakin hangat.

( Pembacaan Al-Matsurat)

Setelah makan pagi, kegiatan Sabit ke-2 pun dibuka oleh ukhti Fathiyya Nabilah dilanjutkan penampilan nasyid akhwat serta penampilan bakat oleh peserta lainya sekaligus mencairkan suasana.

Melangkah ke kegiatan selanjutnya, yaitu penyampaian materi yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Mbak Nurul Huda. Materi yang disampaikan begitu menarik ditambah tampilan materi yang menggunakan powerpoint sehingga peserta dengan semangat mencatat materi yang tengah disampaikan. Usai materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

( Penyampaian materi oleh Mbak Nurul Huda )

Acara pun ditutup. Waktu telah menunjukkan pukul 09.50 WIB, peserta melaksanakan shalat dhuha. Setelah melaksanakan shalat dhuha, peserta kembali memasuki aula dan menyaksikan film pendek bertema islami. Usai menonton, peserta disuguhi berbagai games indoor, seperti melepaskan ikatan tali, para peserta dengan semangat mengikuti games tersebut. Games  pun terus berlanjut sembari menunggu waktu shalat dzuhur.


( Peserta sabit tengah menyaksikan film pendek ’Cinta Subuh’)

(Peserta sabit tengah memainkan salah satu games indoor)

(Peserta sabit tengah memainkan salah satu games indoor)

(Peserta sabit tengah memainkan salah satu games indoor)

Adzan dzuhur pun berkumandang, peserta melaksanakan shalat dzuhur di musholla Roudhotut Tholibin. Usai shalat, peserta kembali ke aula dan bersiap-siap menyantap makan siang bersama yang telah disiapkan. Setelah makan, ada pengarahan oleh panitia mengenai pelaksanaan Post Test. Kemudian, dengan semangat peserta segera memasuki pos-pos yang tersebar dalam sekolah sesuai dengan instruksi yang telah disampaikan oleh panitia sebelumnya. Adapun pos-pos yang terdapat dalam Post Test kali ini yaitu, pos khilafah, ukhuwah, ilmu pengetahuan agama islam, dan pos tahfidz.


( Peserta sabit tengah menyantap makan siang bersama ) 


            Selesainya Post Test mengakhiri kegiatan Sabit ke-2. Penutupan kegiatan Mabit dan Sabit 2 secara resmi oleh Kepala SMA Negeri 6 Paelmbang y
ang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh wakil kepala sekolah bidang Iman dan Taqwa.

( Penutupan kegiatan Mabit dan Sabit )

            Usai penutupan secara resmi, akhirnya pengumuman pemenang -yang telah dinanti-nanti oleh para peserta-, yaitu peserta terbaik, peserta teraktif, serta kelompok terbaik pada Sabit ke-2. Kemudian penggalangan dana oleh panitia. Selesai acara, peserta mengemas barang serta alat lainnya untuk persiapan pulang, tak lupa sesi foto bersama pun dilaksanakan, para peserta dengan semangat mengabadikan momen-momen bersama mereka di akhir acara Sabit ke-2 ini. Tak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 15.20 WIB, adzan ashar pun berkumandang, para peserta segera melaksanakan shalat ashar. Usai shalat, peserta diperbolehkan untuk meninggalkan aula dan pulang ke rumah.

           Itulah keseruan pada kegiatan Mabit dan Sabit ke-2 pada tahun pembelajaran 2016/2017 kali ini, semoga kita semua senantiasa istiqamah dijalan-Nya, Aamiin..

و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Mabit & Sabit Ke-2 Tahun Pembelajaran 2016/2017 Mabit & Sabit Ke-2 Tahun Pembelajaran 2016/2017 Reviewed by M RIFQI HANIF on 3:09 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.