Press

recent posts

TAUBAT ABU YAZID AL-BUSTAMI

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Abu Yazid Al-Bustami adalah seorang yang sangat terkenal karena rajin beribadah kepada Allah. Dia beribadah dan bermunajat kepada Allah karena ingin masuk surga.
        Hatinya selalu dalam keadaan sukacita. Pikirannya seolah-olah telah melayang ke Arasy Allah. Hati kecilnya berbisik: "Inilah tempat Rasulullah SAW semoga aku menjadi tetangganya di surga nanti." Ketika ia sadar dari khayalannya ia mendengar suara yang menyeru: Untuk kamu ketahui bahwa nanti ada seorang hamba yang kelak menjadi tetanggamu di surga. Orang tersebut tinggal di negeri ini juga.
        Kemauan untuk mencari orang yang kelak menjadi tetangganya itu sangat kuat. Dia pun keluar dari rumahnya untuk mencari orang yang dimaksud. Dia berjalan kaki hingga 100 kilometer, sehingga akhirnya ia tiba di negeri orang yang dimaksud.
        Ketika ia bertemu dengan orang yang dimaksud, seorang laki-laki mendekatinya: "Sesungguhnya orang yang ingin engkau cari itu adalah orang fasik dan peminum arak sedangkan dari tanda-tanda yang aku lihat pada dirimu engkau adalah orang yang shaleh."
        Mendengar nasihat itu, Abu Yazid termenung seketika, dalam hatinya berkata "Mungkin suara yang menyuruhku pada waktu aku bermunajat itu adalah suara setan" Mengapa aku harus menurutinya?"
        Ketika ia akan melangkahkan kakinya untuk kembali ke rumahnya, tiba-tiba hatinya berkata lagi: "Aku datang dari jauh hanya untuk menemui orang itu, atau mungkin aku belum menemukan orang yang dimaksud? ya, walau bagaimanapun aku tidak akan pulang sebelum bertemu dengan dia."
        Kepada orang yang menasihatinya tadi Abu Yazid bertanya: "Di manakah tempat orang yang engkau maksudkan itu?" Laki-laki itu menjawab: Dia sekarang sedang bermabuk-mabukan di sana."
        Abu Yazid lalu menuju orang yang dimaksudkannya itu. Ternyata apa yang dikatakan oleh orang tadi adalah benar, Dia menyaksikan dengan mata kepala sendiri, bahwa ada 40 orang laki-laki yang sedang mabuk karena minuman khamar, sedangkan orang yang dicarinya itu sedang duduk di tengah-tengah mereka.
       Melihat keadaan demikian, Abu Yazid merasa kesal dan putus asa, dia lalu pergi untuk meninggalkan tempat itu. Namun baru selangkah ia mengayunkan kakinya untuk meninggalkannya mendadak orang tersebut memanggilnya: "Wahai Abu Yazid, mengapa engkau tidak masuk ke dalam rumahku ini? Bukankah engkau datang dari jauh, hanya untuk menemuiku semata? Katanya engkau ingin mencari seseorang yang akan menjadi tetanggamu di surga kelak!"
       Mendengar kata-kata itu, Abu Yazid merasa heran. Hatinya bertanya-tanya, bagaimana orang itu bisa tahu maksud dan tujuannya datang ke mari, sedangkan sebelumnya dia tidak memberitahu siapapun isi hatinya itu.
       "Engkau terlalu cepat ingin meninggalkan tempat ini, tanpa mengucapkan salam, tanpa dahulu bertemu dengan orang-orang yang berada di tempat ini dan memberikan nasehat kepadanya." kata laki-laki itu.
       Abu Yazid hanya terpaku, mulutnya terkunci rapat, di dalam hatinya penuh dengan seribu satu pertanyaan.
       "Sudahlah Abu Yazid, engkau tidak perlu banyak berpikir dan merasa heran, sebenarnya yang menyuruhmu datang ke sini itu sudah memberitahuku. Oleh karena itu masuklah ke rumahku! Duduklah walaupun hanya sebentar," kata laki-laki itu.
       Dalam keadaan penuh keragu-raguan Abu Yazid menuruti kehendak laki-laki itu, dia pun masuk ke dalam rumah dan duduk di antar 40 orang laki-laki lain yang sedang dalam keadaan mabuk itu.
       Kepada laki-laki itu Abu Yazid bertanya: Apa sebenarnya yang terjadi di rumah ini dan apa pula tugasmu di sini?"
       Laki-laki itupun menasehati Abu Yazid: "Wahai Abu Yazid, untuk masuk ke dalam surga kita tidak boleh bersifat ego. Kita tidak boleh menang sendiri, sifat demikian itu bukan sifat orang mukmin, sebagaimana yang engkau ketahui wahai Abu Yazid, Islam artinya selamat, namun di samping itu kita diwajibkan pula oleh Allah SWT supaya ikut serta menyelamatkan orang lain yang tersesat dari jalan yang lurus."
       Laki-laki itu melanjutkan kata-katanya: "Dulu ada kira-kira 80 orang fasik yang mabuk-mabuk seperti engaku saksikan ini. Kemudian aku berusaha untuk menarik mereka supaya bertaubat dan menjadi tetanggaku kelak di surga. Akhirnya dengan ajakanku itu, separo dari orang fasik itu berhasil aku nasehati sehingga mereka meninggalkan kebiasaan buruk itu. Sedangkan yang separo lagi yakni 40 orang ini adalah tugasmu wahai Abu Yazid untuk mengajak mereka supaya bertaubat, agar nanti menjadi tetanggamu pula dalam di dalam surga."
       Abu Yazid mendengarkan nasehat dari laki-laki itu dengan seksama, lalu Abu Yazid tersentak, bagaikan disambar petir pada siang hari. Pada waktu itulah dia baru menyadari, bahwa laki-laki yang ada dihadapannya itu ternyata lebih mulia dari dirinya. Dalam hatinya berkata:"Selama ini aku hanya ingin masuk surga sendirian dengan cara bermunajat terus-menerus kepada Allah dan tidak menghiraukan orang-orang yang ada di sekelilingku. Sedangkan laki-laki yang aku temui ini, dia juga rajin beribadah, akan tetapi di samping itu, dia juga menyuruh orang kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar."
       Seketika itu juga Abu Yazid menangis tersedu-sedu memohon ampun kepada Allah atas kekhilafannya itu. Mulai saat itu ia bertaubat dan berjanji untuk tidak ingin masuk surga sendirian, dan akan mengajak orang lain untuk masuk surga bersamanya.
       Akhirnya dengan usaha Abu Yazid yang oenuh dengan kesungguhan, dia berhasil menasehati 40 orang yang suka mabuk-mabukan itu sehingga mereka semuanya sadar dan bertaubat kepada Allah SWT.

Dari buku "Kisah-kisah Insan Bertaubat" karya Kasmuri Selamat MA

و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

TAUBAT ABU YAZID AL-BUSTAMI TAUBAT ABU YAZID  AL-BUSTAMI Reviewed by Rohis Ukhuwah 06 on 6:14 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.