Press

recent posts

Sebelum tidur, harus ngapain aja sih?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh akhi wa ukhti..
Apa kabar akhi wa ukhti penghuni 2015? Hmmm semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dilindungi  Allah yaa..

Coba tebak postingan kali ini mau bahas tentang apa?
Hmm ini berkaitan dengan aktivitas yang enak banget dilakuin saat hujan, badan capek, pikiran ruwet, dan segala yang bikin badmood lah. Dengan satu aktivitas ini maka kita melupakan sejenak masalah yang dihadapi.

Ada yang tau?

Jawabannyaaa : Tidur!


Iya, tidur .. tapi disini bukan ngebahas cara-cara tidur yang nyenyak atau nikmatnya tidur. Kalo itu mah semua orang juga tau, tinggal masuk kamar, peluk bantal dan terbang deh ke dunia mimpiii :3
So, mau bahas apa dong? –lamaa -_-

Kita akan bahas “Adab-Adab sebelum tidur” !!!!
Hmmm gini, tidur itu kan aktivitas yang menyenangkan, dan mengikuti sunnah Rasul kan akan berbuah pahala. Nah, kalo kita melakukan sunnah-sunnah sebelum tidur sesuai anjuran Rasulullah, kan dapetnya double. Udah tidur tenang, dapet pahala sunnah lagi hehe.. 


Jadi, apa saja sih sunnah-sunnah sebelum tidur itu? Yuk, dipahami..

 1.       Muhasabah
Muhasabah sangat dianjurkan untuk muhasabah diri sebelum tidur, sebagai perbandingan apakah hari ini lebih baik dari kemarin atau malah lebih buruk. Salah satu muhasabah yang bisa dilakukan adalah dengan memaafkan orang lain yang menyakiti kita dan meminta ampun kepada Allah terhadap tindakan kita yang menyakiti orang lain. 

2.    Tidurlah seawal mungkin, jangan larut malam, berdasarkan hadits yang bersumber dari `Aisyah “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam, lalu beliau melakukan shalat.” (Muttafaq `alaih)


3.    Berwudhulah sebelum tidur dan berbaring miring ke sebelah kanan. Sahabat Rosulullah shallallahu ‘alaihi wassalam, Al-Bara’ bin `Azibz menuturkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila kamu akan tidur, maka berwudhu’lah sebagaimana wudhu’ untuk shalat, kemudian berbaringlah dengan miring ke sebelah kanan…”


4.    Kibaskan sprei tiga kali sebelum berbaring, berdasarkan hadits Abu Hurairahz bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila seorang dari kalian akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kain tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…” Di dalam satu riwayat dikatakan, “Tiga kali.” (Muttafaq `alaih)



5.    Baca ayat Kursi, dua ayat terakhir dari Surah Al-Baqarah, Surah Al-Ikhlas dan Al-Mu`awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas)

Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah mengajarkan secara langsung kepada istri yaitu Siti Aisyah ra. Rasulullah berpesan kepada Siti Aisyah:“Wahai Aisyah, jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu:
1.      sebelum khatam Al-Qur’an
2.      sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir
3.      sebelum orang-orang muslim meridhaimu
4.      sebelum engkau laksanakan haji dan umrah.”

Siti Aisyah pun bertanya kepada rasulullah SAW: “Wahai rasul, bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara dalam waktu seketika?”
Rasulullah SAW tersenyum dan bersabda: “Jika engkau hendak tidur, bacalah surah Al-Ikhlas tiga kali maka seakan-akan engkau mengkhatamkan Al-Qur’an. Kemudian, bacalah shalawat untukku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat di hari kiamat. Setelah itu, beristighfarlah untuk orang-orang muslim maka mereka akan meridhaimu. Terakhir, perbanyaklah bertasbih, tahmid, tahlil, takbir, maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umrah.”

Selain itu riwayat lain menceritakan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kepada putrinya, Siti Fatimah Az-Zahra: “Kuberi kau amalan yang lebih indah dari sekadar pembantu yaitu bacalah Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahu Akbar 34 kali sebelum tidur, maka itu akan membuatmu bersemangat dan memberimu kekuatan.”

Hafff... Alhamdulillah, kira-kira itu saja sekilas adab-adab sebelum tidur.  Semoga bermanfaat.. Yuk mulai diamalkan, asik kali bisa tidur tenang sekaligus menjalankan sunnah Rasul hehe :3 syukron..
Ohiya, kata Ustadz Yusuf Mansur, lebih bagus lagi kalo mengamalkan baca Surah Al-Mulk (juz 29) sebelum tidur. Semoga mulai malam ini, tidur pun bisa jadi ibadah kita kepada Allah hehe :3




Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh..

Sebelum tidur, harus ngapain aja sih? Sebelum tidur, harus ngapain aja sih? Reviewed by Unknown on 12:13 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.