Press

recent posts

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh akhi wa ukhti

Apa kabar? Subhanallah walhamdulillah allahuakbar ya :) Alhamdulillah, saat kini kita semakin melangkah mendekati bulan Ramadhan. Tanggal-tanggal di kalender bergantian memudar, tapi hati kita harus makin bahagia menyambut bulan yang dikaruniai berjuta berkah ini ya..

Oke baiklah, di postingan kali ini kita akan membahas "Keistimewaan Bulan Ramadhan"

1. Manusia diwajibkan untuk berpuasa. 

Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertaqwa”. (Al Baqarah: 183).

Puasa memiliki banyak sekali manfaat seperti dalam segi kesehatan, psikologi, dan lainnya. Saat berpuasa, alat pencernaan kita, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar beristirahat setelah bekerja setiap hari mencerna makanan yang kita makan. Keadaan seperti ini sangat bermanfaat karena waktu cerna dapat berkurang sehingga meningkatkan kinerja alat-alat pencernaan ketika kita kembali mengkonsumsi makanan. Selain itu ternyata puasa juga merupakan cara diet yang sempurna, meningkatkan sistem pertahanan tubuh, peremajaan sel, menangkal radikal bebas, dan masih banyak lagi. 



2. Puasa Ramadhan melatih kesabaran
Bulan Ramadhan adalah bulan puasa di mana pada siang hari kita diperintahkan meninggalkan makanan yang asalnya halal, terlebih lagi yang haram. Begitu pula di saat ada seseorang mengganggu kita. Rasulullah Saw. bersabda: “Bila seseorang menghina atau mencacinya, hendaknya ia berkata 'Sesungguhnya aku sedang puasa." (HR. Bukhari)


3. Ramadhan bulan ampunan
 Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan, Rasulullah Saw. bersabda: “Dan siapa yang berpuasa Ramadhan dengan didasari keimanan dan pengharapan ridha Allah, diampunkan untuknya dosa yang telah lalu.”(HR. Bukhari)



4. Dalam Ramadhan terdapat malam yang istimewa (Lailatul Qadar)
 Allah berfirman:”Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan”. (Al Qadr: 3). Tentang ayat ini, Wahbah Zuhaili menjelaskan bahwa menghidupkan Ramadhan dan melakukan amalan di dalamnya lebih baik daripada menjalankan amalan dalam seribu bulan tanpa Ramadhan.



5. Allah menurunkan kitab Al-Quran di Bulan Ramadhan sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia.
Allah Ta’ala berfirman: “Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara haq dan batil”. (Al Baqarah: 185)
“Jika hatimu duka karena hal duniawi sekitarmu, bacalah Al-Quran. Jika hatimu gundah karena urusan dunia yang sebentar, bacalah Al-Quran. Jika imanmu turun karena perihal tindakanmu, bacalah al-Quran. Jika engkau berada dalam keraguan dan butuh petunjuk, bacalah Al-Quran. Jika engkau merasa butuh penasihat, bacalah Al-Quran.  Al Quran memiliki sifat asy Syifa yang berarti penyembuh, yang menyentuh dan menenangkan hati siapapun yang menginginkan ketenangan. Allah menjamin Al-Quran sebagai petunjuk seperti yang Dia firmankan dalam QS. Al-Baqarah: 2. ” Kitab (Al-Quran) ini tidaka ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka ayang bertakwa.”



6. Terdapat waktu yang mustajab dikabulkannya doa.
“Tiga orang yang doanya tidak tertolak, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang dizholimi.” (HR. Tirmidzi)
Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat berbuka puasa, jadi jangan sia-siakan waktu tersebut. Sebaiknya berdoa terlebih dahulu kepada Allah, baru kemudian berbuka puasa. Makan saat buka puasa sebaiknya jangan langsung dalam porsi besar, karena memungkinkan perut akan terkejut dengan porsi makanan yang banyak.

7. Pintu sorga dibuka, pintu neraka ditutup, syaitan dibelenggu
Rasulullah Saw. Bersabda: “Jika Ramadhan tiba dibukalah pintu sorga dan ditutuplah pintu neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu. (HR. Bukhari). Dalam Syarah Shahih Muslim, Qadhi Iyadh menjelaskan bahwa makna hadits di atas bisa bermakna haqiqi, yaitu pintu sorga dibuka, pintu neraka ditutup serta syaitan dibelenggu secara haqiqi, sebagai tanda datangnya Ramadhan sekaligus pemulyaan terhadapnya. Tapi bisa juga bermakna majaz yang mengisyaratkan besarnya pahala dan ampunan di bulan itu, sehingga syaitan seperti terbelenggu. 

Baiklah, semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga kita makin berbahagia menyambut datangnya bulan Ramadhan, dan jangan lupa.. Fastabiqul khairats :)

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.


Keistimewaan Bulan Ramadhan Keistimewaan Bulan Ramadhan Reviewed by Unknown on 8:41 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.