Press

recent posts

WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM


Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, masih Allah kasih kesempatan untuk menambah posting baru di blog ini. Baiklah akhi wa ukhti, khusus untuk post kali ini kami mengambil tema “Wanita dalam pandangan dalam Islam : Indah dan Berharga”.

Bismillahirrahmanirrahim. *membuka majelis*

            Setiap orang memiliki nikmat masing-masing dalam hidupnya. Rezeki setiap orang tidak mungkin tertukar satu sama lain, dan apapun yang diterima manusia sebenarnya sudah diabadikan di  Lauh Mahfudz. Kita punya mata untuk melihat kan? Kita punya tangan untuk berbuat. Kita punya hati untuk mengendalikan jiwa, bukan? Dan kita punya hak atas segala organ tubuh untuk menggunakannya sesuai keinginan kita, betul? Pertanyaannya, satu  dan simpel. Dengan segala nikmat yang Allah berikan, sudahkah kita memanfaatkannya untuk kebaikan?

Jangan berpikir yang besar-besar. Coba kita mulai dari yang terkecil, misalnya mata, apakah mata kita sudah suci dari pandangan kotor dan bisa memandang non mahram tanpa nafsu? Oke oke, atau tangan deh. Sudahkah kita basahi ia dari jari-jari sampai siku sebanyak lima kali sehari? Atau memeluk Al-Quran setiap hari?

            Jawabannya pasti beragam. Mungkin ada yang jawab ya, saya sering jaga pandangan, saya sering meluk Al-Quran. Atau hmm kayaknya jarang deh jaga pandangan abisnya susah sih, meluk Al-Quran juga jarang kayaknya.. Seharusnya ketika kita menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di dalam hati, (harusnya) terlintaslah kalimat “Fabiayyialaa irrabbikuma tukadzibaan”. Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan?

“Dunia adalah tempat yang licin nan menggelincirkan, rumah yang hina, bangunan-bangunannya akan runtuh, penghuninya akan beralih ke kuburan, perpisahan dengannya adalah sesuatu keniscayaan, kekayaan di dunia sewaktu-waktu bisa berubah menjadi kemiskinan, bermegah-megahan adalah suatu kerugian, maka memohonlah perlindungan Allah, terimalah dengan hati yang lapang segala karunia-Nya. Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat. Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah perbuatan baik dan jangan terlalu banyak berangan-angan.” (Syair Imam Syafi’i)


Membahas tentang nikmat dan kelalalaian manusia memang panjang, yang nulis ini juga tak luput dari kelalaian. Menjurus ke topik utama, baiklah kita mulai dengan sebuah hadist yang populer.

“ Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah” (HR. Muslim)

            Sederhana sih, tapi dalam maknanya. Wanita shalihah dalam pandangan Islam itu yang bagaimana? Dalam QS. Annisa : 34 “... Maka perempuan-perempuan yang shaleh, adalah mereka yang taat kepada Allah dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka) ...” Menjaga diri, sesuatu yang menentukan harkat diri seorang wanita. Semakin baik seorang wanita menjaga diri, semakin mulia pula kedudukannya. Menjaga diri maksudnya luas, misalnya menjaga diri dari perbuatan dosa, menjaga diri dari perbuatan yang dapat melalaikan dirinya dari Allah, menjaga lisannya, matanya, hatinya, pikirannya, pakaiannya dan lain-lain.

Analoginya, wanita yang berjilbab panjang dengan sikap yang anggun dan tutur kata yang lembut akan JAUH LEBIH DIHARGAI daripada wanita yang berpakaian seadanya, dengan sikap yang brutal dan tutur kata yang sembarangan. Dan tahukah antum, kami pernah membaca di salah satu buku Ustadz Salim A. Fillah yang berbunyi “Laki-laki itu jauh lebih sulit menahan pandangannya dari wanita yang jilbabnya lebar daripada wanita yang jilbabnya biasa-biasa saja. Bahkan laki-laki yang tidak terlalu kuat imannya pun sebenarnya sulit menahan pandangan pada wanita yang berjilbab lebar. Namun ada yang sudah pupus duluan harapannya untuk bisa bersanding dengan wanita mulia itu”.

 Jangan berpikir untuk berjilbab lebar karena ingin dilihat lawan jenis, itu berarti riya, dan balasannya dosa. Kalimat ini mengartikan bahwa wanita itu sangatlah indah dan dikagumi semua orang, apalagi kalau keindahan itu dijaga dengan cahaya keimanan. Subhanallah. Disinilah ukhti fillah, kita berhak memilih untuk menjadi wanita dengan jilbab panjang dan anggun atau wanita dengan pakaian seadanya?

            Jangan takut dibilang sok alim, dibilang ustazah, dibilang ibu-ibu pengajian. Aiih, itu kan hanya kerikil-kerikil kecil sebelum menempuh jalan sesungguhnya. Alangkah beruntungnya antum diciptakan sebagai seorang akhwat. Ada banyak sekali keutamaan wanita dalam Islam diantaranya : 

1. Doa wanita lebih maqbul dari laki-laki karena sifat penyayang yang lebih kuat dari laki-laki. Ketika ditanya kepada Rasulallah SAW akan hal tersebut, jawab baginda : "Ibu lebih penyayang dari bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia."

2. Wanita yang solehah itu lebih baik dari 1,000 orang laki-laki yang tidak soleh.

3. Seorang wanita solehah lebih baik dari 70 laki-laki soleh.
4. Wanita yang meninggal dalam masa 40 hari sesudah melahirkan akan dianggap syahid.


5. Wanita yang memberi minum susu kepada anaknya dari badannya (susu badan) akan dapat satu pahala dari tiap-tiap titik susu yang diberikannya.



6. Jika wanita menyusui anaknya sampai cukup (2 1/2 tahun), maka malaikat-malaikat di langit akan memberikan kabar gembira bahwa syurga adalah balasannya.

7. Jika wanita memberi susu badannya kepada anaknya yang menangis, Allah akan memberi pahala satu tahun solat dan puasa.

8. Wanita yang habiskan malamnya dengan tidur yang tidak nyaman karena menjaga anaknya yang sakit akan mendapat pahala seperti membebaskan 20 orang hamba.


9. Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari karena menjaga anak yang sakit akan diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan bila dia menghibur hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadat.

10. Apabila seorang wanita mencucikan pakaian suaminya, maka Allah mencatatkan baginya seribu kebaikan, dan mengampuni dua ribu kesalahannya,bahkan segala sesuatu yang disinari matahari akan memohonkan ampun untuknya, dan Allah mengangkatkannya seribu darjat.

Dan masih banyak lagi J . Subhanallah, alangkah beruntungnya jadi wanita. Seandainya ada pertanyaan makhluk apa yang paling indah, maka jawabannya adalah : wanita.

WANITA ADALAH RATU
Setiap wanita memiliki kedudukan mulia pada dasarnya. Bagaikan mutiara, apabila ia semakin dijaga maka makin indahlah kilaunya. Sebaliknya jika ia makin diabaikan maka makin buram dan murahlah harganya. Seseorang akan lebih berharga jika ia menghargai dirinya sendiri. Penghargaan wanita dengan dirinya dapat dilihat dari caranya berpakaian. Itulah mengapa dalam QS. Al –Ahzab : 59 wanita diperintah Allah untuk mengulurkan jilbabnya sebagai bentuk menjaga diri.

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anakmu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
(Q.S. Al-Ahzab: 59)

Lebih dari itu, wanita dipandang sebagai ratu dalam Islam. Percayalah!  Gini ceritanya : *mengutip cerita Ustadz Hanif di Daarut Tauhid*
Ada seorang pemuda, ia adalah orang berkebangsaan Inggris. Ia heran dengan wanita-wanita muslim, karena mereka menutup seluruh auratnya dan tidak sembarangan orang boleh menyentuhnya. Lalu ia bertanya pada seorang ulama.
P : “Anda seorang muslim? Jika iya, saya mau bertanya”
U : “Ya, boleh”
P : “Mengapa perempuan-perempuan muslim tidak boleh disentuh sembarangan oleh orang lain? Tidak seperti wanita-wanita disekitarku?”
U : “Anda orang mana?”
P : “Inggris”
U : “ Oh. Apakah sembarang orang boleh menyentuh ratu anda?”
P : “ Oh, tentu saja tidak. Ia adalah seorag ratu”
 U : (tersenyum) “Seperti itulah perempuan-perempuan muslim di dalam Islam. Mereka dimuliakan dan dijaga. Tak sembarang orang boleh menyentuhnya, hanya orang-orang tertentu saja, dan itu disebut mahram.”
P : (membulatkan mulut)Oo..
***

WANITA DAN CINTA

            Pernah mendengar kasus kriminal tentang wanita yang dianiaya, dibunuh, lalu dibuang? Miris sekali kan, alangkah seramnya diperlakukan seperti itu bak hewan. Dimana hati nurani si pembunuh itu, apakah ia tidak lagi memandang kemuliaan wanita? Tapi disini kita membahas apa penyebab terjadinya kasus tersebut. Dari sisi logika, kita dapat mengungkapkan bahwa faktor utama terjadinya kasus pelecehan terhadap wanita adalah hilangnya harga diri seorang wanita.

            Biasanya wanita-wanita yang dilecehkan itu adalah para wanita yang tidak lagi menghargai kehormatannya. Mereka tidak lagi peduli dengan batas-batas aurat, mereka lupa dengan seberapa jauh sikap wanita terhadap non mahram, dan mereka “ditulikan” dengan nasihat malaikat di telinga kanannya. 

            Allah telah menurunkan ayat-ayat yang bertujuan untuk melindungi wanita. Diantaranya, yang memerintahkan wanita untuk menggunakan jilbab, dan adapula perintah untuk menjaga pandangan. Alangkah sombongnya kita apabila mengabaikan perintah Allah SWT. Dia mencintai kita dan selalu menyayangi kita tak terhingga, tak peduli kita bersyukur atau kufur. Mungkin tak banyak yang tahu, ternyata Allah itu sangat pencemburu, lho.

            Ketika kita mencintai sesuatu selain Allah, berarti kita telah mengabaikan cinta Allah pada saat itu. Seperti misalnya A mencintai (katakanlah si B), lalu B mencintai si C. Pastilah tindakan itu membuat A kecewa. Sama halnya ketika kita mencintai sesuatu selain Allah, tapi yang berbeda adalah cemburunya Allah tidak tampak. Secara logika sih, tidak pantas apabila seorang hamba mengacuhkan cinta dari Sang Pencipta Alam dan seisinya. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang membuat Allah cemburu dengan cintaNya kepada kita.

“Ketika engkau mengejar dunia, maka surga meninggalkanmu. Ketika engkau mengejar surga, maka dunia mengikutimu.”



            Terima kasih akhi wa ukhti, atas waktunya yang meneyempatkan untuk membaca posting ini. Kami mohon maaf atas segala kesalahan di dalamnya, dan semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua, mohon diamalkan yaa. Aamiin.

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM Reviewed by Unknown on 8:53 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.