Press

recent posts

7 Keajaiban Itu...

بسم الله الر حمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله وبركاته



Sudah banyak yang diberikan Allah
"Kita terlalu sering mencari tahu apa yang tidak kita miliki daripada menghitung apa saja yang sudah kita miliki. Akibatnya, kita lebih sering menuntut daripada mensyukuri karena kita belum menyadari bahwa Allah sudah memberikan banyak."
Murid-murid sebuah sekolah sedang belajar tentang 7 keajaiban dunia. Sang guru meminta mereka menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang 7 keajaiban tersebut lalu mengumpulkannya di akhir pelajaran. Hampir semua murid menuliskan jawabannya dengan benar.

Sambil mengumpulkan kertas hasil pekerjaan para siswanya, sang guru memperhatikan seorang siswa yang selama ini dikenal sebagai murid pendiam. Anak itu masih sibuk dengan daftarnya, jadi sang guru bertanya apakah ia mempunyai masalah dengan tugasnya.

Sang anak menjawab, "Iya, ada sedikit masalah, saya bingung menentukan 7 keajaiban dunia karena begitu banyak keajaiban di dunia ini."

Gurunya menjawab, "Baik, katakan pada kami daftar yang kita punya, dan mungkin kami dapat membantu."

Sang anak sedikit ragu dalam menjawab. Lalu ia membacakan daftar yang ia punya, "Saya rasa 7 Keajaiban dunia adalah.....
1. Bisa Menyentuh        5. Bisa Merasa
2. Bisa Melihat              6. Bisa Tertawa
3. Bisa Berbicara           7. Bisa Mencintai
4. Bisa Mendengar


Ruang kelas seketika sunyi. Jawaban yang dimaksud memang tidak sesuai dengan yang diharapkan sang guru. Tetapi setidaknya hal itu langsung menyadarkan seisi kelas.


Kita sering sekali lupa bersyukur pada apa yang diberikan Allah dan terus menuntut lebih. Kita lupa untuk bersyukur akan apa yang kita punya, sedangkan di luar sana ada banyak orang yang tidak bisa mendengar, melihat, atau tertawa karena dirundung perang atau kelaparan. Padahal melihat, mendengar, tertawa, itu sangat tidak ternilai harganya. Tapi kita selalu menganggapnya hal kecil yang biasa. Bayangkan ketika kita tidak memilikinya, bisakah sekarang anda membaca tulisan ini???

Kita terlalu mengeluh dengan yang tidak kita miliki, "Saya ingin...", "Seandainya...", "Mentang-mentang dia....", "Coba aku punya ini dan itu, pasti aku bisa begini, begini, dan begini...". Sayangnya kita yang bisa melihat kadang tak bisa mengintip penderitaan orang yang ada di luar sana... Ada mereka yang punya mata, tapi sayang tak bisa melihat. Ada mereka yang punya telinga, tapi mereka menderita penyakit tuli. Ada mereka yang punya kaki, namun lumpuh. Ada mereka yang punya mulut, namun mereka tidak bisa berbicara seperti orang normal di lingkungannya. Itu hanya dari segi fisik.

Kita yang sudah diberikan pendengaran, namun selalu tidak bisa menerima nasihat dan selalu lari dari kebenaran. Kita yang sudah diberikan lisan, namun mengumpat selalu memenuhi lidah sepanjang waktu. Kita yang sudah diberikan kesempurnaan, namun sepanjang hidup selalu berlaku aniaya.

Sebenarnya sudah banyak sekali yang diberikan Allah kepada kita. Sayangnya, kita sering melupakannya. Dan terlalu mengeluh pada apa-apa yang tidak diberikan Allah. Bahkan berani mengatakan kalau Allah itu tidak adil. نعوذ ب الله. Kita lupa bahwa yang tidak diberikan kepada kita hanya sedikit dibandingkan dengan yang sudah diberikan.

Tetapi, sudah saatnya kita menyadarinya. Bahwa apa yang sudah kita terima jauh lebih banyak daripada yang tidak. اخواة, sekali lagi cermatilah lebih dalam. Mari kita cerminkan diri kita dengan ayat berikut:

"Maka, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?"

والسلا م عليكم و ر حمة الله و بركا ته




7 Keajaiban Itu... 7 Keajaiban Itu... Reviewed by Khyarul Arham on 4:49 PM Rating: 5

2 comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.