Press

recent posts

Pesantren Ramadhan (Umum) Hari Pertama

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


      Syukur alhamdulillah pada kesempatan kali ini admin ingin menampilkan hasil liputan pada hari pertama pelaksanaan pesantren ramadhan (umum) yang pada kesempatan kali ini bertempat di masjid Nurul Fiyaan, yang tidak terlalu jauh dari sekolah kita tercinta. Peserta pesantren umum ini adalah seluruh siswa/i kelas XI dan kelas XII. Pada pesantren kali ini akhi Rahmat Tubagus Hakiem yang bertindak selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengambil tema "Semarakkan Ramadhan dengan memahami ilmu Islam agar menjadi berilmu,berakhlak mulia dan bertaqwa."
      Pertama seluruh siswa/i datang terlebih dahulu ke sekolah untuk tadarus bersama dan mendengarkan tausiah oleh sahabat kita dari Rohis Ukhuwah. Kemudian kita baru bersama-sama berjalan kaki menuju masjid Nurul Fityaan, walaupun puasa tetep semangat dong pastinya. Sesampainya di masjid seluruh peserta membentuk majelis.
      Acara ini dibuka langsung oleh kepala sekolah kita tercinta bapak Drs. H. Pujiono Rahayu, M.M. pada kesempatan itu juga pak Puji menyampaikan bahwa puasa itu ibarat saat mesin untuk diservis setelah selama sebelas bulan kemarin tidak berhenti bekerja, jadi insyaAlloh setelah ramadhan diharapkan membuahkan hasil yang baik bagi manusia itu sendiri. “Hendaknya jangan mengotori bulan ramadhan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti bermain petasan setelah habis subuh, dsb” pesan pak Puji kepada kita.
      Acara selanjutnya yaitu mendengarkan penyampaian materi dari ustadz Dikdik Sodikin pad kesempatan kali ini ustadz Dikdik mengambil tema “Puasa/Shoum”. “Jangan pernah ragu atas berita yang datangnya dari Al-qur’an.” Pesan ustadz Dikdik kepada seluruh peserta pesantren. Puasa hendaknya menghindari hal-hal berikut agar tidak menyesal ketika diakhir ramadhan dan agar Allah SWT menaikkan derajat kita yang sebagai hamba ini :
- Maksiat lisan
- Maksiat mata
- Maksiat Tangan
- Maksiat hati
- Maksiat panca indra
Ustadz Dikdik juga menyampaikan ciri-ciri orang yang dijamin syurga firdaus oleh Allah SWT adalah :
1. Orang yang beriman Kepada Allah SWT
2. Orang-orang yang khusyu dalam sholatnya
3. Orang-orang yang kalau berbicara & berbuat tidak sia-sia
4. Orang-orang yang menunaikan zakat
5. Orang-orang yang menjaga amanah
6. Orang-orang yang menjaga nafsunya
7. Orang-orang yang menjaga waktu ke waktu sholatnya
      Kemudian dilanjutan dengan materi kedua yang disampaikan oleh ustadz Ibrahim HB. Pada kesempatan ini ustadz ibrahim mengambil tema “ Hubungan penyakit rohani dengan penyakit jasmani ” dan menyampaikan bahwa Allah mendidik manusia melalui puasa agar menjadi orang yang sukses. Orang yang sukses menurut Al qur’an adalah orang yang bertaqwa. Adapun ciri orang yang bertaqwa adalah sbb :
- Berfikir selalu positif thinking
- Optimis
- Mukanya berseri-seri, yang artinya orang yang berlapang dada
      Penyakit terbagi menjadi dua yaitu penyakit jasmani dan penyakit jasmani. Beberapa dokter berpendapat sumber dari penyakitjasmani berasal dari penyakit rohani. Berikut beberapa penyakit rohani yang bisa berdampak negatif bagi jasmani :
- Berkata dusta
- Ghibah atau membicarakan kejelekan orang lain dibelakangnya
- Namimah atau senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang
- Fitnah
- Hasad atau iri hati
- Ujub atau sifat ingin dipuji orang lain
- Tidak punya rasa kasih sayang
- Riya’
Adapun cara untuk mengobati penyakit rohani adalah dengan cara ;
- Thaharah atau bersuci
- Tazanah atau beristighfar
- Bertasbih kepada Allah SWT

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pesantren Ramadhan (Umum) Hari Pertama Pesantren Ramadhan (Umum) Hari Pertama Reviewed by Adhim Hernowo on 1:48 PM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.