Press

recent posts

Adab di Masjid (Buletin LDS Edisi ke-13)

Buletin LDS (Lembar Dakwah Siswa) Edisi ke-13, 12 Jumadil Akhir 1433 H/04 Mei 2012 M


 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


ADAB DI MASJID


  • ADAB MASUK KE MASJID
  1. Membuka alas kaki dan masuk dengan mendahulukan kaki kanan. Ketika masuk masjid, Rasululah mengajar kita membaca doa " Ya Allah, bukakanlah untukku pintu RahmatMu".
  2. Memberi salam kepada siapa yang berada didalam masjid, sekira tiada orang dalam masjid tersebut maka ucapkanlah: " Selamat atas kami dan atas hamba Allah yang solih".
  3. Mengerjakan solat sunnah Tahiyatul Masjid.

  • ADAB DALAM MASJID
  1. Duduk menghadap Qiblat.
  2. Memohon do’a agar Allah membuka pintu rahmatNya.
  3. Sentiasa menyebut nama Allah.
  4. Menghadirkan Allah dalam hati.
  5. Jauhi dari menghina Islam.
  6. Bezikir dengan suara perlahan.

  • HAL-HAL YANG DILARANG DILAKUKAN DALAM MASJID
  1. Hindarilah makan yang busuk ketika mau masuk masjid. Dari Ibnu Umar ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW. bersabda: ”Barangsiapa yang memakan dari tumbuhan ini yakni bawang putih, maka janganlah ia mendekati masjid kami.” (Muttafaq ‘alaih).
  2. Dilarang melakukan transaksi jual beli di masjid. Dari Umar bin Khaththab ra, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW.: ”Apabila kalian melihat orang yang berjual beli di masjid, maka katakanlah kepadanya: mudah-mudahan Allah tidak memberikan keuntungan perniagaanmu itu.” (HR Nasa’i dan Tirmidzi, Buluughul-maraam : 39.
  3. Dilarang bertanya-tanya dan mencari-cari mengenai barang yang hilang di dalam masjid. Hal itu sesuai dengan hadist Nabi SAW. dibawah ini: Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasululah saw bersabda, “Barangsiapa mendengar seseorang yang mencari-cari barang yang hilang di dalam masjid, maka hendaknya dia berdo’a, ‘Semoga Allah tidak mengembalikan barang itu kepadamu’, karena masjid-masjid itu tidak dibangun untuk hal ini’.” (HR Muslim).
  4. Dilarang keluar dari masjid sesudah adzan. Rasulullah SAW. bersabda: “Apabila tukang adzan telah adzan, maka jangan ada seorangpun yang keluar sebelum shalat”. (Hadis Riwayat: Al-Baihaqi & dishahihkan oleh Al-Albani).
  5. Tidak lewat di depan orang yg sedang shalat, dan disunnatkan bagi orang yg sholat menaruh batas di depannya. Rasulllah SAW. bersabda, “Seandainya orang yang lewat di depan orang shalat mengetahui tentang dosanya, maka pastilah menunggu selama 40 lebih baginya dari pada lewat di depannya. (HR Bukhari dan Muslim). Salah seorang perawi hadits, Abu An-Nadhr, berkata, “Aku tidak tahu apakah maksudnya 40 hari, 40 bulan atau 40 tahun.”
  6. Tidak menjadikan masjid sebagai jalan. Rasulullah SAW. bersabda: “Janganlah kamu menjadikan masjid sebagai jalan, kecuali (sebagai tempat) untuk berzikir & shalat“. (Hadis Riwayat: Ath-Thabrani, dinilai hasan oleh Al- Albani).
  7. Tidak menyaringkan suara di dalam masjid & tdk mengganggu orang-orang yg sedang shalat. Termasuk perbuatan mengganggu orang shalat adalah membiarkan Handphone dalam keadaan aktif di saat shalat.
  8. Orang yang junub, wanita haid atau nifas tidak boleh masuk masjid. Allah berfirman: “(Dan jangan pula menghampiri masjid), sedang kamu dalam keadaan junub, kecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi (an-Nisa: 43). Dan dari `Aisyah Radhiallaahu anha meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. telah bersabda kepadanya: “Ambilkan buat saya kain alas dari masjid”. Aisyah menjawab: Sesungguhnya aku haid? Rasulullah SAW. bersabda: “Sesungguhnya haidmu bukan di tanganmu”. (Hadis Riwayat: Muslim).

  • ADAB KETIKA MENDENGAR AZAN
  1. Berdiam diri.
  2. Menjawab seruan Azan.
  3. Berdo’a setelah selesai Azan.
  4. Ditambah dengan do’a permohonan karena do’a antara Azan dan Iqamah maqbul.
  5. Kerjakan solat sunat Rawatib.

  • ADAB KELUAR MASJID
  1. Mohon ampun dan bimbingan Allah agar selamat selama di luar.
  2. Berniat untuk datang kembali.
  3. Mendahulukan kaki kiri sambil berdoa: "Aku berlindung dengan nama Allah Yang Maha Agung dengan Zat Yang Maha Mulia dan kekuasaan-Nya yang qadim dari syaitan yang terkutuk".
  4. Memberi salam kepada orang yang masih tinggal di masjid.

  • DOA KETIKA MASUK DAN KELUAR MASJID
Dari Abu Humaid dan Abu Usaid ra, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw : “Apabila salah seorang diantara kalian masuk masjid maka ucapkanlah : (Ya Allah, bukakanlah bagi kami, rahmat-rahmat-Mu) dan apabila keluar maka ucapkanlah : (Ya Allah,sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu).” (HR Ahmad dan Nasa’i, Al-Muntaqa’ I : 334).

POJOK KREASI

#SHOPquest
... Dan jika kamu melihat orang yang mencari barang hilang di dalam masjid, maka katakanlah ‘Allah tidak mengembalikan kepadamu’. [HR Tirmidzi, no. 1 321, Ad Darimi, no. 1.365. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani.]
Bagaimana pendapat ukhuwatifillah ketika kita kehilangan sesuatu yang sangat berharga. apakah kita terus mencarinya atau merelakannya?

Komentar terbaik: 
1. Khiarul Arham (XI IPA 4)
Perlu diingat bahwa segala sesuatu adalah milik Allah, dan semua itu akan kembali kepada-Nya, termasuk kita... Jadi, apa yang harus ditangisi ???
2. Dilla Astria (X.3)
Kalo menurut pendapat saya,sebaiknya dicari dulu tentunya harus sabar dalam mencarinya tidak lupa berdo’a juga. tetapi jika barang tersebut tidak ditemukan maka ikhlaskan saja mungkin belum rezeki. pasti diganti sama Allah yang lebih baik.
3. Faldi Dinurwan (XI IPS 3)
Kita harus tetap mencari barang tersebut, karena manusia hanya dapat berusaha dan berdo’a. hasilnya Allah yang tetap menentukan. Kalau tidak dipertemukan oleh Allah, kita harus mengikhlaskannya.
4. Vanindya Annisa A. (XI IPA 2)
Pengalaman, pernah kehilangan barang di mushola, barang itu adalah bagian dari amanah yg saya emban.. udah dicari kemana-mana, tetep ga ketemu.. setelah di ikhlasin & dilupain, ternyata barang itu dibalikin sama temen saya.. yah, yg penting berusaha dulu, kalo udah usaha maksimal, selebihnya serahin aja sama Allah.
5. Nabilah Rasyidah (XII IPA 3)
Cari dulu, optimis bakal ketemu. kalo ga ketemu ya ikhlaskan saja. insya Allah bakal ada gantinya. pengalaman nih gan januari kemaren ilang dompet di kelas isinya lumayan. Dicari-cari eh kaga ketemu. taunya awal Februari di bales sm Allah melalui TO UI. Alhamdulillah balik lagi gan isinya, malahan lebih.

Terima kasih telah berpartisipasi dalam #SHOP, dan bagi temen-temen yang belum ditampilkan komentarnya, jangan berkecil hati, masih ada kesempatan di edisi selanjutnya.
BAGIKAN OPINIMU !!! :)

Kirimkan jawaban antum ke no. 0896 355 93660,
Cantumkan nama dan kelas antum. Bagi komentar yang menarik, akan dicantumkan di edisi LDS selanjutnya. Buruan ya...

Pertanyaan selanjutnya bisa dilihat di blog ROHIS Ukhuwah 06 dan mading musholla kita.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Adab di Masjid (Buletin LDS Edisi ke-13) Adab di Masjid (Buletin LDS Edisi ke-13) Reviewed by Khyarul Arham on 3:14 AM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.