Press

recent posts

7 Ilmuwan muslim yang mengubah dunia (ROHIS on Hot Spot)


bismillahirrahmanirrahim,
allhummasholli'ala muhammad,wa'ala ali muhammad

Assalamu'alaykum warhmatullah wabarakatuh ..
Apa kabarnya akhi wa ukhti
Semoga kita selalu dalam keadaan beriman yaa :)
Alhamdulillah, admin masih diberi kesempatan untuk terus menulis.
Dan semoga yang mau ana postkan bisa bermanfaat bagi kita semua
amin..
pada kesempatan kali ini ana mau bahas tentang 7 ilmuwan muslim yang mengubah dunia. sebenarnya sangat banyak ilmuwan, tapi admin ahnya mempunyai dua tangan dan tak mampu membahas semuanya, hehe


ya, kita muali aja ya :)
Selamat Membaca

1. Abbas Ibn Firnas 

pernahkah akhi/ukhti mendengar nama orang ini? mungkin kita akan lebih mengenal Roger Bacon yang merupakan Peletak Dasar Konsep Pesawat Terbang (kalau kenal hehehe) atau Leonardo Da vinci yang pertama mendesain sebuah mesin terbang, 
Tetapi sebenarnya Abbas Ibn Firnas lah yang pertama , Jauh sebelum mereka berdua.





Abbas adalah seorang Ilmuwan di Bidang Fisika Dan Kimia. Karya Abbas terbesar adalah pembuatan mesin terbang pertama. Ia merancang alat bersayap, kasar menyerupai kostum burung. Dalam percobaan yang paling terkenal dari atas menara masjid Agung Cordoba di Spanyol, di tahun 852 Firnas berharap terbang seperti burung. 

Tetapi ia menukik ke bawah dengan sedikit cidera di punggung karena dengan mantel yang bersifat sebagai parasut pertama ia sediakan untuk melindunginya. in dikarenakan ia lalai meperhatikan bagaimana burung mendarat
Menara Masjid Mezquita di Cordoba menjadi saksi bisu perwujudan konsep pertama pesawat terbang yang lahir dari pemikiran seorang Muslim.
Bukan cuma itu saja penemuannya. dia juga membuat parasut pertama, jam air, dan cara membuat gelas dari garam. Dia juga membuat rantai rangkaian yang membentuk pergerakan planet-planet dan bintang-bintang.

"Semua yang telah ia ciptakan itu mempunyai satu tujuan, Mampu memberikan manfaat bagi manusia "
 2. Al Idrisi
gak pernah denger akh ?hehe, ya udah deh, ana jelasin....
namanya adalah...  

Abu Abdullah Muhammad al-Idrisi al-Qurtubi al-Hasani al-Sabti (panjang bangeeeeet). atau orang eropa lebih mengenal dirinya dengan nama 'Dreses'(1100 – 1165 atau 1166). Ia berasal dari Ceuta,Afrika Utara. Namun ia lebih banyak menghabiskan hidupnya berada di Andalusia untuk belajar. Ia adalah seorang Pakar Geografi

Ia adalah pembuat Tabula Rogeriana, Tabula Rogeriana adalah Peta dunia yang dibuat Al Idrisi untuk Raja Roger II , dia menciptakan peta ini bersama Timnya dengan mewawancarai seluruh Navigator didunia. Penjelasan dari seorang navigator akan dikonfrontir kepada navigator lainnya, lalu hasil kajian tersebut dirumuskan. Fakta-fakta tersebut dikumpulkan lalu disaring, dan hanya keterangan yang paling jelas yang ia jadikan acuan dalam membuat peta. 
Al Idrisi melakukannya hingga bertahun-tahun, hingga peta tersebut selesai pada tahun 1154 M.
  
Berikut adalah peta yang dibuat oleh Al Idrisi.
bisa akhi/ukhti lihat, ada sebagian Asia, Eropa, Timur tengah, dan Afrika utara.. mirip gak gan ?!


Dan coba akhi/ukhti balik


Emang kenapa akh? coba akhi/ukhti teliti lagi, petanya kalau dibalik akan membentuk Benua Amerika, walaupun tak sepenuhnya.
Peta ini sangatlah akurat pada zamannya, bahkan diakui eropa. peta inilah yang menjadikan rujukan dari peta modern saat ini,
Dan tahu kah anda? peta ini dibuat 'sebelum' Columbus menasbihkan dirinya menjadi orang yang menemukan Amerika. Dan Columbus menggunakan Peta ini untuk berlayar ke Benua Amerika.

3.  Ibnu Al-Haitham 
 

Kalau anda berpikir bahwa kamera itu berasal dari peradaban barat, pendapat akhi/ukhti salah!! orang yang pertama menemukan kamera adalah Ibnu Al-Haitham(965-1039). Tetapi kamera yang ia buat tidak berbentuk kamera seperti sekarang ini, kameranya dinamakan Obscura. Ibnu Al-Haitham lebih dikenal di dunia barat dengan nama Alhazen
seperti inilah kameranya

















jangan tanyakan prinsip kerjanya sama ana, ana juga gak ngerti hehe
yang pastinya Ibnu Al-Haitham telah mengilhami roger bacon dan joseph Kepler dalam pembuatan mikroskop dan teleskop.

Ana masih berpikir, kalau saja Ibnu Al Haitham tidak membuat Kamera Obscura ini, kita tidak bisa bernarsis ria di foto(hehehe). Dan Dunia harus berterima kasih kepada dia :)

Keberhasilan lainnya yang terbilang fenomenal adalah kemampuannya menggambarkan indra penglihatan manusia secara detail. Tak heran, jika ‘Bapak Optik’ dunia itu mampu memecahkan rekor sebagai orang pertama yang menggambarkan seluruh detil bagian indra pengelihatan manusia. Hebatnya lagi, ia mampu menjelaskan secara ilmiah proses bagaimana manusia bisa melihat.
nih gambaran mata menurut ia

Dan banyak lagi karya-karya dan teori-teori yang mematahkan teori 'gelap' eropa.

4. Al-Jazari

















siapa lagi nih? dia adalah seorang mekanik, atau bahasa kerennya engineer. Dia berasal dari Mesopotamia.
Al jazari menulis buku Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, dimana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.
banyak karya-karyanya yang mungkin tanpa karya tersebut, kita tidak akan pernah mengenal poros bubungan (camshaft) yang terdapat pada motor.
kalo ada yang belum tahu apa itu Poros bubungan, ini dia..


ana juga gak tahu prinsip kerjanya, mungkin teman-teman SMK kita ada yang tahu ?
bukan cuman itu akhi/ukhti, dia juga mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.
bahkan dia pun diakui oleh para engineer eropa seperti Donald Hill
”Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin” (Donald Hill).

dan oranng eropa mengatakan tulisan Al-Jazari juga dianggap unik karena memberikan gambaran yang begitu detail dan jelas. Sebab ahli teknik lainnya lebih banyak mengetahui teori saja atau mereka menyembunyikan pengetahuannya dari orang lain. Bahkan ia pun menggambarkan metode rekonstruksi peralatan yang ia temukan.
nih gambar kontruksi yang ia buat..
























5. Jabir Ibn Hayyan

















Orang eropa akan lebih mengenalnya dengan nama Geber(750-803). Jabir lahir di Kufah,Irak. Jabir telah mampu persepsi manusia bahwa kejadian alam di dunia menjadi suatu ilmu saina yang dapat dimengerti dan dipelajari
Jabir dikenal dengan "the father of modern chemistry". kok bisa gan ?
kalo akhi/ukhti tahu pasti akan takjub dengan semua penemuannya

Jabir menekankan bahwa kuantitas zat sangat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap. Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, destilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.
cuma itukah?
itu masih sebagian kecil.
Jabirlah yang menemukan asam klorida,asas sitrat, asam nitrat, asam asetat dan asam-asam lainnya. dia juga menemukan Aqua Regia yang dapat melarutkan emas.
ini nih larutannya

Jabir juga mengaplikasi pengetahuannya di Bidang Kimia dalam pembuatan besi dan logamnya, dan proses pencegahan karat. dia juga membuat gelas kaca dari mangan dioksida. Serta dia membuka jalan bagi Al-Razi(ilmuwan muslim juga) dalam pembuatan etanol karena memanaskan wine.

masih ada lagi (apa??)
sebelum ada pembuatan Tabel periodik seperti sekarang ini, dia telah membedakan zat menjadi 3 bagian yaitu,
  • spirits, zat yang bisa menguap
  • metals, zat logam
  • serta stones, zat yang bisa dibentuk menjadi bentuk serbuk
dia menulis sebuah buku yang berjudul Al-Kimya dan masih banyak lagi yang telah diterjemahkan dalam bahasa latin dan inggris. kata "Alkali" juga dia yang menemukan
benarlah dia disebut sebagai bapak kimia modern.

 6. Al-Khawarizmi

Siapa sih yang gak kenal sama beliau?
kalo gak kenal pasti gak pernah belajar al-jabar dan algoritma
Nama Asli dari al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi(780-850). Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi dikenal di Barat sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. Beliau dilahirkan di Bukhara.

kalau Jabar ibn Hayyan dikenal sebagai Bapak Kimia Modern, Al Khawarizmi dikenal dengan Bapak Al Jabar. ya, Aljabar merupakan ilmu yang sangat diperlukan dalam matematika. Bayangkan kalo gak ada Aljabar? matematika tak akan serumit ini hehehe(becanda ;))

Aljabar ini dibahas dalam buku yang berjudul  Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala (Arab: الكتاب المختصر في حساب الجبر والمقابلة atau Kitab yang Merangkum Perhitungan Pelengkapan dan Penyeimbangan)
di buku tersebut dibahas penyelesaian persamaan linear dan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan menjadi salah satu dari enam bentuk standar (di sini b dan c adalah bilangan bulat positif)
ini isi kitabnya


ini yang asli..



ini yang sudah diterjemahkan.

















selain dari buku tersebut ada lagi buku Dixit Algoritma yang karangan asli sudah tak tahu kemana...

selain itu ada 3 buku lagi yang ia ciptakan yaitu, Rekonstruksi Planetarium, Astronomi, dan Kalender Yahudi

yang ke7 akan insyaAllah besok.. 


7.Ibnu Sina

















Akhi/ukhti pasti sudah tahu dengan beliau ini yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan Avicenna(980-1037). Dia adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga sekaligus dokter, dan dia berasal persia (sekarang Uzbekistan). karena begitu banyak karya-karya beliau, Ia sering disebut "Bapak Pengobatan Modern".
Dan kata sebagian orang beliau adalah pengubah mitos menjadi kenyataan. Dia merupakan pelaku operasi cesar pertama dengan alat yang sederhana. Operasi Cesar dalam kehamilan sudah ia tulis dalam bukunya yang berjudul Qanun fi at Thibb dan As Syifa ,yang sudah banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa, dan

buku Qanun fi at Thibb telah menjadi buku ikhtisar pengobatan dunia




ini adalah bukunya




















Dia jugalah yang mula - mula mempraktekkan pembedahan penyakit - penyakit bengkak yang ganas, dan menjahitnya. karya begitu banyak dan tak mungkin dibahas semua dalam blog ini (sebenarnya sih males :D)

Didalam al-Muniqdz min al-Dhalal, al-Ghazali bahwa Ibnu Sina pernah berjanji kepada Allah dalam salah satu wasiatnya, antara lain bahwa ia akan menghormati syari’at tidak melalaikan ibadah ruhani maupun jasmani dan tidak akan minum – minuman keras untuk memuaskan nafsu, melainkan demi kesehatan.


sekian dulu
wassalamu'alaykum :)


7 Ilmuwan muslim yang mengubah dunia (ROHIS on Hot Spot) 7 Ilmuwan muslim yang mengubah dunia (ROHIS on Hot Spot) Reviewed by Unknown on 12:11 PM Rating: 5

7 comments:

  1. Subhanallah Chamshaft 4 tak ? wuih ckckckckck
    ^_^

    ReplyDelete
  2. kalo ada yang ngerti Chamshaft itu apa, komen ya hehehe ana pengen tahu

    ReplyDelete
  3. syukron gan buat kunjungannya... ;D
    sering2 yaa...

    ReplyDelete
  4. subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar

    ReplyDelete

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.