Press

recent posts

LET’S BE BROTHER...!

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ukhtina wa akhina . . .

Salam Ukhuwah, semoga kita dapat terus saling memperkuat tali silaturrahim,ya. Kali ini, kita bakal bahas tentang Ukhuwah islamiyah. Apa itu ukhuwah islamiyah? Kalo lo ngerasa gaul, baca ni! Islam itu ngajarin kita buat saling mencintai sesama muslim, sebagaimana disebutin di hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yaitu:
“Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”.Saudara di sini maksudnya, semua yang beragama islam. Saudara sesama muslim itu harus kita cintai.
Lho, maksudnya mencintai, gan/sis?
Gini lo, saling mencintai itu bukan berarti kita harus pacaran sama setiap muslim (?) Mencintai itu, saling menolong ketika dia kepepet, seneng ngeliat dia seneng dan ketika dia sedih kita nggak sedih, tapi bantu dia solving masalahnya(kita nggak bilang lo kalo kalian nggak boleh ikutan sedih), dan masiih banyak lagi yang baik-baik.

Mau tau nggak gimana caranya supaya kita bisa punya temen banyak? Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah Muhammad s.a.w (Allahumma sholi wasalim wabarik alayk) yang udah tau cara gaul sejak dulu kala bersabda:
“Jangan saling menghasud, saling menipu, saling membenci, saling membelakangi, dan janganlah sebagian dari kalian membeli barang yang telah dibeli orang lain. Jadilah hamba Allah yang bersaudara.
Orang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, maka jangan berlaku aniaya kepadanya, jangan menelantarkannya, jangan membohonginya, dan jangan merendahkannya. Takwa itu disini, (beliau mengucapkan ini sambil menunjuk ke dadanya dan mengulanginya hingga tiga kali). Cukuplah seseorang dikategorikan jelek apabila dia merendahkan saudaranya sesama muslim. Darah, harta, dan kehormatan setiap muslim adalah haram bagi muslim yang lain” (H.R Muslim).

Insyaallah deh, kalo kalian ikutin saran dari hadits itu, kalian bakal jadi orang yang wajib, kalo lo nggak ada, orang bakal kesepian dan ngerasa ada yang kurang, tapi kalo ada lo, bawa’annya tuh seneng terus.
Mau nggak punya banyak temen? Pasti mau kan, kalo banyak temen berarti banyak orang yang bakal bikin kamu bahagia, nolong kamu, dan masih banyak lagi kelebihan punya temen baik,
Sifat ama karakter temen lo, sama dengan sifat dan karakter lo. Jadi, kalo temen lo baik, berarti lo baik. Tapi kalo temen lo gimanaa gitu, berarti lo harus introspeksi diri. . .
Oke, makasih udah baca celotehan yang masih banyak kekurangan disana sini (maaf, baru pemula), semoga bisa bermanfaat yah.
Salam Ukhuwah, keep istiqomah, Allahu Akbar!
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh . . .
LET’S BE BROTHER...! LET’S BE BROTHER...! Reviewed by Khyarul Arham on 5:25 PM Rating: 5

5 comments:

  1. atau lebih tepatnya LET'S BE BROTHER :) , ayo menjadi saudara !!!!

    ReplyDelete
  2. wah super ya ceritanya,.

    MNA FTO Ukhti RANI ?
    heheh :)

    ReplyDelete

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.