Press

recent posts

Aku Cinta Rasul (kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam)

Bismillahirrahmanirrahim..
Allahumma shalli'ala muhammad wa'ala alimuhammad..

Sebelum seseorang mencintai si"dia", ia pasti mencari tahu bagaimana kehidupan orang yang ia cintai.
Dan begitulah ketika kita mencintai rasulullah saw, kita pasti mencari tahu kehidupan,sifat dan keluarga Beliau.
InsyaAllah, untuk para "pencinta" rasulullah untuk meningkatkan kecintaan kepadanya, kami akan memberikan informasi mengenai nasab, ciri fisik, dan akhlak rasulullah saw..


Nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

  Nama beliau adalah Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Abdil Mutthalib bin Hasyim bin ‘Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan, dan seterusnya hingga Nabi Ismail bin Ibrahim ‘alaihimassalam. Ayahnya bernama ‘Abdullah. Ibunya bernama Aminah. (Ar-Rakhiqul Makhtum, hlm.63)
  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan keturunan Nabi Ibrahim. Dari Nabi Ismail, Allah pilih keturunan terbaik yaitu Kinanah. Dari Kinanah, Allah pilih keturunan terbaik yaitu Quraisy. Lalu dari Quraisy, Allah pilih keturunan terbaik yaitu Bani Hasyim. Sampai akhirnya, dari anak-anak keturunan Bani Hasyim, Allah pilih yang terbaik untuk diutus menjadi rasul, yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Sumber: HR. Muslim, hadits no. 2276)

 Ciri Fisik Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Tinggi badannya sedang. Tidak jangkung dan tidak pula pendek.
  • Warna kulitnya tidak putih bule, tidak pula coklat sawo matang.
  • Rambutnya ikal, tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus kaku.
  • Pada kepala dan janggutnya ada rambut putih (uban). Jumlah ubannya sedikit, tidak sampai 20 helai.
  • Wajahnya sangat tampan.
  • Perawakannya sedang, dadanya bidang.
  • Panjang rambutnya mencapai daun telinga.
  • Bentuk wajahnya seperti rembulan, tidak lancip seperti pedang.
  • Telapak tangannya lebih lembut dari sutra.
  • Aroma badannya sangat harum.
(Sumber: HR. Al-Bukhari, hadits no. 3547, 3549, 3551, 3552, 3561)


Akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam


Beliau adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Beliau sangat dermawan, paling dermawan di antara manusia. Pada bulan Ramadhan, beliau lebih dermawan lagi, lebih kencang memberi dibanding angin yang berhembus.

Jika memilih urusan, beliau pilih yang paling mudah selama tidak melanggar syariat Allah. Beliau sangat menghindar dari dosa. Jika diri beliau dizalimi, beliau sangat sabar. Namun, jika hak Allah yang dilanggar, beliau sangat murka.

Sangat pemalu melebihi gadis pingitan. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, langsung terlihat pada raut wajahnya. Beliau tidak pernah mencela makanan sama sekali. Jika beliau suka maka dimakanlah makanan itu. Jika tidak suka, maka beliau tinggalkan tanpa mencelanya.
(Sumber: HR. Al-Bukhari, no. 3549, 35554, 3560, 3562, dan 3563)

Bicaranya sangat fasih dan jelas. Beliau menguasai logat-logat bangsa Arab. Mampu berbicara pada tiap suku bangsa Arab dengan logat masing-masing suku.
Jika dimintai sesuatu, beliau tidak pernah menjawab, “Tidak.”

Beliau sangat pemberani. Berapa banyak para pemberani dan patriot yang jika bertemu beliau, mereka lari. Ali bin Abi Thalib berkata, “Jika kami sedang ketakutan dan dikeppung bahaya, kami berlindung kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tak satu pun yang jaraknya lebih dekat kepada musuh selain beliau.”

Beliau sangat jujur dan amanah. Sebelum diutus menjadi nabi dan rasul, beliau dijuluki “Al-Amin”. Al-Amin artinya “yang terpercaya”. Bahkan, musuh pun mengakui kejujuran dan amanahnya. Abu Jahal pernah berkata, “Kami tidak mendustakan dirimu, tetapi kami mendustakan ajaranmu.”

Beliau sangat tawadhu` dan jauh dari sifat sombong. Jika beliau datang ke suatu majelis, beliau tidak mau disambut seperti raja. Biasanya, jika seorang raja datang, orang-orang berdiri untuk menyambutnya. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak ingin disambut seperti raja. Mari kita lihat, betapa rendah hatinya beliau.

Beliau biasa menjenguk orang sakit, duduk-duduk bersama orang miskin, memenuhi undangan hamba sahaya, dan duduk-duduk bersama sahabatnya.

Beliau sangat suka memenuhi janji, menyambung tali persaudaraan, paling penyayang, dan lembut terhadap orang lain, suka memaafkan, dan lapang dada. Terhadap pembantu, beliau tidak pernah membentak atau menyalahkan pekerjaan pembantunya yang tidak beres. Terhadap orang miskin, beliau cinta dan suka duduk-duduk bersama. Beliau menghadiri (pemakaman, ed) jenazah orang-orang miskin, dan tidak mencela orang miskin karena kemiskinannya.

Beliau senantiasa gembira, lebih banyak diam. Tawa beliau adalah dengan senyuman. Jika bicara tidak terlalu pelan dan tidak terlalu keras suaranya. Bicaranya jelas, bahasanya fasih dan mudah dimengerti.

semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi pungunjung..

http://www.sobatmuslim.com
















Aku Cinta Rasul (kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) Aku Cinta Rasul (kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) Reviewed by Unknown on 4:27 AM Rating: 5

No comments:

Kritik dan saran anda adalah sebuah motivasi bagi kami... Insya Allah. :)
Mengoreksi bukan berarti merasa paling benar, sedang yang lain salah. Merasa paling benar itu salah. Tetapi tidak membenarkan yang benar itu juga salah.... و الله علم

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.